Kamis, 17 September 2015

Pengertian Pendidikan Menurut Ahli

Hampir semua orang mempunyai pendapat yang berbeda dan ada juga beberapa orang yang mempunyai pendapat yang sama dengan yang lainnya, sama halnya tentang Pengertian pendidikan.

Pengertian-pengertian yang diberikan oleh beberapa ahli ini cukup beragam sekali, tergantung juga dari perspektif nama tokoh itu memandangnya. Akan tetapi, walaupun terdapat banyak perbedaan pendapat tentang apa sih penidikan itu, namun secara kesuluruhan/umum terdapat kesamaan didalam hal merumuskan pengertian pendidikan tersebut.

Untuk secara Etimologi kata pendidikan ini berasal dari kata 'didik' yang berawalan "pe" dan akhiran 'an', jadi anda sudah pasti tahu apa jadinya, ya benar Pendidikan.
Dari bahasa asing yaitu bahasa Yunani, pendidikan ini berasal dari kata "pedagogi" yaitu kata"paid" artinya anak dan "agogos" artinya membimbing, jadi dapat diartikan bahwa padagogi adalah ilmu dan seni membimbing anak.
Menurut UU No. 20 Tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional,  pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana  belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif  mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual  keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

Sumber referensi : Wikipedia & Google

0 komentar:

Posting Komentar