Kamis, 10 September 2015

Raih Generasi Cerdas, Berkarakter Pancasila Melalui Pangan Aman, Sehat dan Bergizi


“Pendidikan Sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila’, tema hari Pendidikan Nasional Tahun ini, Fasilitator Keamanan Pangan Puskesmas Oesapa (Maria Silviana,SKM dan Helena Klakik,A.Md) rmelaksanakan kegiatan sebagai bentuk kegiatan pengawalan Aksi Nasional Pangan Jajanan Anak Sekolah (AN-PJAS) . Kegiatan yang dilakukan dalam bentuk lomba Fashion Show, Story Telling bertema Keamanan Pangan dan mewarnai 5 Kunci Keamanan Pangan di SD Inpres Lasiana.

SD Inpres Lasiana dipilih fasilitator dengan pertimbangan jumlah siswa yang cukup fantastis 1034 (seribu tiga puluh empat)  murid dengan 34 (tiga puluh empat)  rombongan belajar dan 67 (enam puluh tujuh) orang guru.


Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Kepala SD Inpres Lasiana (Daniel Molana,S.Pd), dalam sambutan beliau mengapresiasi kegiatan sosialisasi dan berharap secara kontinyu dilakukan.

Kegiatan dibagi menjadi 2 (dua) kelas.  Kelas pertama: guru dan penjaja pangan diikuti oleh 40 (empat puluh) orang, materi tentang Keamanan Pangan dan Cerdas Menggunakan Kosmetik disampaikan Yovita Kewa. Sedangkan kelas kedua: diikuti oleh lebih kurang 100 (seratus) murid, meteri tentang 5 Kunci Keamanan Pangan disampaikan Mega Nasution dan Pemutaran Film POMPI “Akibat Salah Makan” dan “Pelangi Makanan”.
Untuk lomba Fashion Show, Story Telling bertema Keamanan Pangan diikuti oleh 11 (sebelas) murid dan mewarnai 5 Kunci Keamanan Pangan diikuti oleh 30 (tiga puluh) murid kelas III, IV dan V. Sebagai bentuk apresiasi kepada pemenang dan peserta lomba disampaikan Kaos, ransel, jam dinding, buku tulis, dan ballpoint, sedang untuk peserta guru dan penjaja pangan dibagikan bahan edukasi berupa buku tulis, ballpoint dan brosur/leaflet dengan judul Baca Label Sebelum Membeli; Waspada Pangan Mengandung Bahan Berbahaya; Stop Merokok!!!; Tabir Surya dan Bahan Dilarang dalam Kosmetik.

Mari bersama wujudkan “Pendidikan Sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila’, melalui konsumsi pangan yang aman, sehat dan bergizi.


Sumber : http://www.pom.go.id/new/index.php/view/berita/8292/Raih-Generasi-Cerdas--Berkarakter-Pancasila-Melalui-Pangan-Aman--Sehat-dan-Bergizi.html

0 komentar:

Posting Komentar